Alumindo, Parna, Dan Inalum Bangun Smelter

Posted on

ALUMINDO, PARNA, DAN INALUM BANGUN SMELTER

Parna Raya Group Membangung Bisnis Kerjasama

Maspion Group melalui anak usahanya PT Alumindo Light Metal Industry Tbk (ALMI) akan membangun smelter aluminium slab bersama dengan PT Asahan Aluminium Indonesia (Inalum). Investasi yang akan ditanamkan sebesar US$ 100 juta dengan kapasitas 100.000 ton per tahun dengan mulai beroperasi tahun 2020 mendatang.

Adapun pembagian sahamnya adalah 40% Alumindo dan 60% Inalum. Dari 40% saham Alumindo itu, kemudian dikerjasamakan lagi dengan Parna Raya Group yakni Alumindo 22% dan Parna Raya Group 18%.

Inalum merupakan BUMN pertama dan terbesar Indonesia yang bergerak dibidang peleburan Aluminium. Besarnya potensi kelistrikan yang dihasilkan dari aliran Sungai Asahan membuat Pemerintah Indonesia mengundang perusahaan konsultan pembangunan asal Jepang, Nippon Koei untuk melakukan studi kelayakan pembangunan PLTA di Sungai Asahan. Studi kelayakan tersebut menyarankan agar produksi kelistrikan diserap oleh industri peleburan aluminium. Maka dengan itu, Pemerintah menindaklanjuti studi kelayakan tersebut bersama pihak Jepang untuk secara bersama mendirikan perusahaan untuk mengelola proyek Asahan dengan perusahaan yang bernama Indonesia Asahan Aluminium dengan ditandatanganinya kerjasama untuk pengelolaan bersama kawasan Sungai Asahan pada tanggal 7 Juli 1975.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *